Rabu, 15 Februari 2012

Segmentasi Pasar



Segmentasi Pasar

Membagi sebuah pasar ke dalam kelompok-kelompok pembeli yang khas berdasarkan kebutuhan yang sesuai dengan konsumen.


Tingkatan Segmentasi Pasar 



  • Segmentasi Psikografis yaitu upaya membagi pembeli menjadi kelompok-kelompok yang berbeda berdasarkan kelas social, gaya hidup atau karakteristik kepribadian.
  • Segmentasi Perilaku yaitu upaya membagi suatu pasar kesejumlah kelompok berdasarkan pengetahuan, sikap, pengunaan atau tanggapan konsumen terhadap suatu produk. 
  • Pemasaran Massal yaitu memproduksi secara massal mendistribusikan secara massal.
  • Pemasaran Segmen yaitu memisahkan segmen-segmen yang membentuk suatu pasar dan mengadaptasi tawarannya supaya sesuai dengan kebutuhan satu atau lebih segmen tersebut.
  • Pemasaran Relung yaitu memfokuskan diri pada subsegmen atau relung pasar yang memiliki sejumlah ciri khas yang mungkin mencari kombinasi sejumlah manfaat yang khusus.
  • Pemasaran Mikro yaitu praktek perancangan produk dan program pemasaran supaya sesuai benar dengan selera individu yang meliputi pemasaran lokal dan pemasaran individual.
  • Pemasaran Lokal yatu perancangan merk dan promosi supaya sesuai benar dengan kebutuhan dan keinginan kelompok-kelompok pelanggan lokal.
  • Pemasaran Individual yaitu perancangan produk dan program pemasaran supaya sesuai benar dengan kebutuhan dan preferrensi pelanggan secara individual. 

Persyaratan supaya Segmentasi Efektif

  • Terukur
  • Dapat dijangkau
  • Substansial
  • Dapat dibedakan
  • Dapat dilakukan tindakan tertentu

Manfaat dan Kelemahan Segmentasi

Manfaat dilakukannya segmentasi pasar, antara lain:
  1. Perusahaan akan dapat mendeteksi secara dini dan tepat mengenai kecenderungan-kecenderungan dalam pasar yang senantiasa berubah.
  2. Dapat mendesign produk yang benar-benar sesuai dengan permintaan pasar.
  3. Dapat menentukan kampanye dan periklanan yang paling efektif.
  4. Dapat mengarahkan dana promosi yang tersedia melalui media yang tepat bagi segmen yang diperkirakan akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar.
  5. Dapat digunakan untuk mengukur usaha promosi sesuai dengan masa atau periode-periode dimana reaksi pasar cukup besar.
Gitosudarmo (2000) menambahkan manfaat segmentasi pasar ini, sebagai berikut:
  1. Dapat membedakan antara segmen yang satu dengan segmen lainnya
  2. Dapat digunakan untuk mengetahui sifat masing-masing segmen
  3. Dapat digunakan untuk mencari segmen mana yang potensinya paling besar
  4. Dapat digunakan untuk memilih segmen mana yang akan dijadikan pasar sasaran

Kelemahan-kelemahan dari tindakan segmentasi itu sendiri, antara lain:
  1. Biaya produksi akan lebih tinggi, karena jangka waktu proses produksi lebih pendek
  2. Biaya penelitian/ riset pasar akan bertambah searah dengan banyaknya ragam dan macam segmen pasar yang ditetapkan
  3. Biaya promosi akan menjadi lebih tinggi, ketika sejumlah media tidak menyediakan diskon
  4. Kemungkinan akan menghadapi pesaing yang membidik segmen serupa.
Bahkan mungkin akan terjadi persaingan yang tidak sehat, misalnya kanibalisme sesama produsen untuk produk dan segmen yang sama.

Keunggulan Bersaing


Posisi Produk
Merupakan cara produk didefinisikan oleh konsumen berdasarkan beberapa atribut penting ( tempat yang diduduki produk dalam benak konsumen dibandingkan hubungan dengan produk-produk pesaing.

Keunggulan Bersaing
Keunggulan terhadap pesaing yang diperoleh karena menawarkan kepada konsumen nilai yang lebih besar, baik melalui harga yang lebih murah.

Memilih Strategi Penempatan Produk
  • Mengidentifikasikan keunggulan bersaing yang mungkin.
  • Memilih Keunggulan pasaing yang tepat.
  • Mengkomunikasikan dan menyampaikan Posisi yang telah dipilih

Penetapan Target Pasar
Proses mengevaluasi daya tarik tiap-tiap segmen dan memilih satu atau lebih segmen yang akan dimasuki.

Penempatan posisi 
Mengatur produk supaya dapat menempati posisi pada benak konsumen yang jelas, khas, dan diinginkan secara relatif terhadap produk pesaing.

Sumber yang menjadi pacuan saya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar